Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii I Smp N 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Dalam Pokok Bahasan Pythagoras (P-106)

A.  Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang kian pesat dan perubahan global dalam berbagai aspek kehidupan yang datang begitu cepat menjadi  tantangan  bangsa   dalam  mempersiapkan generasi  masa  depan, termasuk peserta didik.
Untuk menghadapi dinamika dan mengantisipasi persoalan-persoalan kemungkinan besar sudah atau akan terjadi dalam bidang pendidikan perlu disiapkan   perangkat  aturan  atau   kurikulum   yang  berbasis   kompetensi. Kompetensi  tersebut   diharapkan dapat mengembangkan  ketrampilan  dan keahlian untuk dapat mempertahankan hidup di tengah perubahan dunia yang tiba-tiba, cepat, rumit, tidak pasti dan tidak menentu.

SMP Negeri 1 Adiwerna termasuk sekolah unggulan di Kabupaten Tegal dan sekolah yang berstandar nasional (SSN) dalam pembelajarannya menggunakan kurikulum  2004  yang  berbasis pada kompetensi.  Namun kenyataannya   berdasarkan  pengamatan  dan   pengalaman   guru   pengajar matematika SMP Negeri 1 Adiwerna, masih banyak siswa  dalam pembelajaran  matematika, khususnya  materi  Pythagoras masih mengalami kendala dan belum memperoleh hasil  yang  memuaskan. Hal ini bisa dilihat dari hasil ulangan harian untuk pokok bahasan  tersebut diatas mempunyai rata-rata nilai 65,1 padahal nilai batas tuntas sekolah yaitu 67.

Mengingat  kondisi   tersebut   di   atas,   maka   dalam   pembelajaran matematika, peneliti berupaya  untuk  merancang  model  pembelajaran  dan pendekatan   serta pemilihan media  yang  tepat agar  tujuan  pembelajaran matematika berhasil.

Minat siswa perlu dibangkitkan dalam proses pembelajaran dengan variasi pembelajaran yang menarik, sehingga nantinya dapat mengerjakan soal dengan benar. Misalnya nilai tersebut perlu ditingkatkan melalui penerapan atau praktek langsung pada benda-benda kongkret yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari (contextual problem).

Berdasarkan      uraian      tersebut  di atas      penulis      ingin mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual pada pokok    bahasan Pythagoras terhadap  prestasi belajar siswa  kelas  VIII  I  SMP  Negeri  1 Adiwerna Kabupaten Tegal semester gasal tahun pelajaran 2006-2007. untuk mengetahui penerapan pembelajaran kontekstual tersebut maka langkah yang perlu diambil adalah  membandingkan hasil pembelajaran tahun lalu dengan pembelajaran yang menggunakan pembelajaran kontekstual.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Seo Blogger

Kumpulan Tesis dan Skripsi Pendidikan Headline Animator

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download

Like Ya

×