Strategi Penggunaan Bantuan Operasional Pendidikan (Bop) Sd Dalam Peningkatan Pengelolaan Sarana Pendidikan Di Kabupaten Kediri (119)

BAB I 
PENDAHULUAN

1.1.    Latar Belakang Masalah
Era dimana penuh dengan tantangan dan persaingan yang sangat ketat atau yang lebih dikenal dengan Era Pasar Bebas, diberlakukan di Asia Tenggara tahun 2003 dan untuk kawasan Asia Pasifik tahun 2020, yang walaupun mulai 1 Januari 2003 yang lalu telah dimulai era pasar bebas, namun saat ini belum terasa perubahan yang tajam, padahal selama ini digambarkan bahwa pasar bebas adalah serba segalanya yang semestinya mudah menjadi sulit dan yang semestinya sulit menjadi sangat sulit ataupun sebaliknya.
Sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan karena pada dasarnya bayangan yang sulit itu memberi tantangan supaya berfikir yang lebih serius lagi dalam menghadapinya, baik secara mental ataupun spiritual, memang jarak antara negara yang satu dengan yang lain sangat dekat sekali ibarat menjadi negara dunia, karena bebas memasukkan barang-barang dari satu negara ke nagara lain tanpa ada larangan dan ditunjang dengan teknologi informasi yang maju menjadikan sangat leluasa mengirim barang ke negara lain yang jaraknya sangat jauh menjadi pendek, tinggal kirim berita saja sudah cukup, jadi tidak susah payah mengantarnya sendiri.
Namun yang selama ini dipersiapkan, baik dari segi teknologi maupun yang lain tiba saatnya negara Indonesia masih sangat kedodoran, ibarat kedatangan tamu seorang presiden menjadi sangat tidak siap, contoh yang kongkrit waktu didatangkan gula dari luar betapa ramainya, betapa petani kita sangat tersudutkan, yang tidak itu saja seakan sangat terpukul dengan adanya gula impor, hal ini bukti bahwa negara Indonesia sangat belum siap menghadapi adanya pasar bebas.

Sumberdaya manusia adalah faktor yang sangat perlu diperhatikan didalam menghadapi era pasar bebas, yaitu sumberdaya manusia yang memenuhi kompetensi menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu menghasilkan suatu yang dapat bersaing dengan produk dari luar, penyiapan sumberdaya manusia harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan terencana dengan baik.
Peningkatan pengelolaan sarana pendidikan adalah sebagai sarana utama dalam membangun sumberdaya manusia. Peran pendidikan dalam meningkatkan sumberdaya manusia yang siap berperan di medan percaturan dunia menghadapi pasar yang serba global dan harus jelas mencetak manusia yang serba siap menghadapi segala tantangan jaman atau manusia yang terampil menguasai teknologi dan pengetahuan bersaing penuh dedikasi inonvasi, tentunya dapat menjadi asset bangsa.
Untuk keberhasilan pengelolaan pendidikan dan keberhasilan prestasi belajar anak didik, maka perlu sarana pendidikan yang memadai, sehingga apa yang menjadi tujuan dari pendidikan yakni mencetak manusia yang berkualitas dapat tercapai.
Media pendidikan yang diharapkan mampu menjawab tantangan jaman tersebut adalah pendidkan dasar yakni sekolah dasar. Karena disekolah ini, merupakan gemblengan awal guna menunjang masa depan. Kesalahan yang terjadi dalam penggemblengan dasar ini akan berdampak pada pendidikan selanjutnya. 
Berdasarkan landasan pijak diatas, sekolah dasar sebagai lembaga pendidikan harus mengambil langkah untuk dapat bersaing dengan lembaga lain dan lebih meningkatkan mutu pendidikan supaya dapat menjawab tantangan jaman. Sebagai pengelola pendidikan harus berani mengambil sikap dalam mengedepankan isu sosial menjadi isu bisnis, dimana dalam  pengelolaan pendidikan lebih ditekankan kepada kemajuan dan dapat membawa anak didik yang siap bila terjun pada medan persaingan dan patuh terhadap peraturan-peraturan baik negara ataupun perusahaan serta lembaga dimana dia bekerja. Dengan isu bisnis dimana kekuatan bisnis menjadi motivasi dalam membawa lembaga pendidikan ke depan.
Untuk itu, maka peneliti akan mengadakan penelitian dengan judul “ Strategi penggunaan bantuan operasional pendidikan (BOP) SD dalam peningkatan pengelolaan sarana pendidikan di Kabupaten Kediri.
Klik Download Untuk mendapatkan File Lengkap


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Seo Blogger

Kumpulan Tesis dan Skripsi Pendidikan Headline Animator

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download

Like Ya

×