Persepsi Guru Pamong Terhadap Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Di Smk ..(P-89)

1.1 Latar Belakang Masalah
Hampir semua orang dikenai pendidikan dan melakukan pendidikan. Pendidikan tidak pernah terlepas dari kehidupan manusia. Pendidikan adalah khas manusia dan alat manusia, tiada mahluk lain yang membutuhkan pendidikan selain manusia. Pendidikan amatlah penting fungsinya dalam kehidupan manusia yaitu agar menjadi individu yang bermanfaat untuk kepentingan hidupnya dan juga untuk kepentingan masyarakat.

Pendidikan erat kaitannya dengan proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar adalah suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu (Usman 2001:4). Proses tersebut biasanya dilaksanakan didalam suatu lembaga baik formal maupun non formal. Dalam suatu proses belajar mengajar yang formal harus tersedia sarana dan prasarana penunjang serta harus diampu oleh seorang guru yang benar-benar berkompeten dibidangnya.

Proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan formal dengan guru sebagai pemegang peranan utama. Dalam proses belajar mengajar sebagian hasil belajar ditentukan oleh peranan guru. Guru yang berkompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan mampu mengelola
proses belajar mengajar. Jadi keberhasilan proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam proses belajar mengajar.
Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai salah satu lembaga pendidikan yang membuka jalur jurusan kependidikan sangat berperan penting dalam mencetak guru yang berkompeten. Salah satu cara yang digunakan Universitas Negeri semarang untuk mencetak guru yang profesional dengan memberikan suatu mata kuliah yang bersifat praktik dan khusus untuk mahasiswa kependidikan yang dinamakan dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Kegiatan PPL meliputi: Praktik mengajar, praktik administrasi, praktik bimbingan dan konseling serta kegiatan yang bersifat kokurikuler dan atau ekstra kurikuler yang berlaku disekolah atau tempat laihan.

Menurut Undang-Undang Guru dan Dosen, seorang guru dikatakan berkompeten apabila menguasai empat kompetensi dasar yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Seorang mahasiswa yang melaksanakan PPL di sekolah diharuskan untuk menguasai empat kompetensi tersebut, baik dalam pelaksanaan PPL 1 dan PPL 2. Karena seorang mahasiswa praktikan di sekolah sudah dianggap sebagai seorang guru yang turut serta dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi sebagian besar melaksanakan PPL di Sekolah Menengah Kejuruan Bisnis dan Manajemen (SMEA) baik negeri maupun swasta. Pada dasarnya indikator-indikator yang digunakan di sekolah negeri maupun swasta dalam menilai kualitas pelaksanaan PPL adalah sama, akan tetapi ada perbedaan birokrasi antara SMK negeri dan swasta di kota Semarang sehingga persepsi yang diberikan dari guru pamong juga berbeda. Selama pelaksanan PPL khususnya PPL 2 (dua) guru pamonglah yang lebih dominan dan yang lebih sering berinteraksi dengan mahasiswa praktikan, sehingga guru pamong yang lebih sesuai untuk memberi tanggapan mengenai pelaksanaan PPL mahasiswa praktikan.

Berdasarkan data dari UPT PPL UNNES dalam pelaksanaan PPL mahasiswa praktikan mayoritas lulus dan nilai akhir Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang diterima mahasiswa mayoritas baik. Akan tetapi setelah peneliti melakukan observasi awal maka diperoleh data bahwa pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa Fakultas Ekonomi masih banyak kekurangan. Kekurangan tersebut terutama dalam hal perencanaan mahasiswa sebelum mengajar, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas dan evaluasi yang dilakukan mahasiswa.

Kekurangan yang dimiliki mahasiswa praktikan dalam hal perencanaan antara lain adalah kurangnya kesiapan mahasiswa praktikan dalam mempersiapkan materi yang akan disampaikan kepada siswa dikelas, kurangnya kesiapan mahasiswa praktikan dalam menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan demi menunjang tercapainya proses belajar mengajar, kurangnya pemahaman siswa terhadap pentingnya pembuatan rencana pembelajaran (RP) sehingga banyak mahasiswa praktikan jika akan mengajar tidak mengkonsultasikan rencana pembelajarannya kepada guru pamong serta kurangnya mempersiapkan diri dan sikap sebelum memasuki kelas.

Kekurangan yang dimiliki mahasiswa praktikan dalam hal pelaksanaan kegiatan belajar mengajar antara lain adalah kurangnya kemampuan mahasiswa praktikan dalam hal mengelola kelas sehingga dalam hal proses belajar mengajar situasinya kurang kondusif, kurang dalam hal kemampuan membuka pelajaran, kurangnya pemahaman mahasiswa praktikan dalam hal pemanfaatan media pembelajaran yang ada sehingga proses pembelajaran berkesan kaku, kurangnya kemampuan mahasiswa praktikan dalam hal proses kegiatan belajar mengajar di kelas (misal: mengaitkan materi pelajaran dengan fenomena kehidupan nyata atau dengan masalah yang baru saja terjadi), serta kurang dalam hal memvariasikan metode pembelajaran sehingga masih banyak yang menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah).

Kekurangan yang dimiliki mahasiswa praktikan dalam hal evaluasi antara lain adalah kurangnya kemampuan mahasiswa praktikan dalam pembuatan soal yakni kemampuan dalam menyesuaikan soal ulangan dengan materi pelajaran sehingga soal yang diberikan kepada siswa kurang berbobot serta kurangnya pengetahuan mahasiswa praktikan mengenai norma-norma pembuatan soal.

Bertolak belakang dari masalah-masalah yang disebutkan diatas, maka peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai
”PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES) DI SMK SE KOTA SEMARANG”
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Seo Blogger

Kumpulan Tesis dan Skripsi Pendidikan Headline Animator

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download

Like Ya

×