BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Tujuan dari
pendidikan nasioal adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan
manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap
tuhan yang maha esa dan berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan
ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan
mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Peranan lembaga pendidikan, termasuk Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ngali sangat menentukan dalam mengajarkan
agama dan akhlak mulia dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada peserta didik. Karena itu peningkatan
kualitas berhubungan dengan berbagai unsur/pihak yang terlibat dalam kegiatan
pendidikan perlu terus dilakukan agar mencapai hasil yang bagus. Perlu kita
ingat bahwa salah satu indikator keberhasilan dalam pembelajaran adalah jika
siswa atau peserta didik memperoleh hasil belajar yang bagus/tinggi.
Hasil belajar merupakan penilaian suatu hasil pelaksanaan pembelajaran yang
dilaksanakan oleh guru yang dilambangkan dengan angka-angka yang merupakan aktualisasi dari kemampuan
siswa. Berdasarkan hasil belajar tersebut guru dapat mengetahui tingkat
keberhasilan belajar siswanya. Jika hasil belajarnya masih rendah, seorang guru
harus berusaha menemukan kekurangan/hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran.
Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa baik faktor internal dari
diri siswa itu sendiri maupun faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa adalah faktor psikologis. Dari sekian
banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa khususnya dalam hal ini
pelajaran matematika adalah faktor minat dan motivasi. Minat diartikan sebagai
ketertarikan terhadap sesuatu .