HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN DAN KEDISIPLINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI PADA MTSN PULOSARI NGUNUT TULUNGAGUNG (PEND-27)

Lembaga pendidikan merupakan suatu organisasi non profit yang didalamnya terdiri dari beberapa macam komponen, Salah satu komponen yang paling penting adalah tenaga pendidik selaku Sumber Daya Manusia (SDM) dan kepala sekolah selaku manajer SDM.


Sedangkan tujuan yang akan dicapai organisasi ini adalah keberhasilan dalam mendidik semua pelajar yang ada dilingkungan sekolah tersebut. Keberhasilan tujuan suatu organisasi tak lepas dari pengelolaan dan pengendalian SDM yang ada di organisasi tersebut.

Dalam era globalisasi dan pasar bebas yang telah diberlakukan diseluruh dunia pada umumnya dan di negara kita khususnya, peran dan kualitas SDM akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dan kejayaan suatu negara. Mutu dan kualitas SDM sangat ditentukan oleh hasil pendidikan dan pelatihan. Semakin tinggi latar belakang pendidikan dan pelatihan yang didapat, maka akan semakin tinggi pula mutu dan kualitas yang dimilikinya.


Pendidikan dasar dan menengah merupakan salah satu tahapan pendidikan dan pelatihan yang harus dilalui oleh seorang calon SDM. Tahapan ini menurut penulis merupakan tahapan yang paling penting, karena pada tahapan ini perilaku dan bakat seorang calon SDM mulai terbentuk. Jika penanganan pada tahap ini tidak benar, maka untuk mencapai tahapan selanjutnya akan mengalami kesulitan.

Keunikan sumber daya manuasia dibandingkan dengan sumebr daya yang lain adalah bahwa manusia dilihat dari sudut pandang produktivitas tidaklah cukup apabila hanya dilihat dari tingkat intelegensi, tingkat ketrampilan, dan status baik status sosial maupun status ekonomi. Paling tidak ada faktor-faktor lain yang perlu dikaji dan dicermati dalam kaitannya dengan ukuran produktivitas sumber daya manusia.
Nitesemito(1991) mengungkapkan bahwa terdapat hubungan yang positip antara produktivitas kerja dengan semangat kerja dan faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja adalah lingkungan kerja, kedisiplinan, kesejahteraan, penghasilan, serta jaminan sosial. Sementara itu Sajudinnor (1990) menemukan bahwa faktor yang pengaruhnya paling signifikan terhadap produktivitas kerja adalah faktor motivasi, kemudian disusul dengan faktor insentif.

Disinilah muncul arti pentingnya peran kepemimpinan (manajerial), sebagaimana ditegaskan oleh Devis dan Newston (1990 : 152) yang mengungkapkan bahwa tanpa pemimpin, suatu organisasi hanya merupakan kegalauan orang-orang dan mesin saja. Pemimpin (manajer) mempunyai tugas untuk mengatur dan menggeraka sejumlah orang-orang yang mempunyai sikap, tingkah laku dan latar belakang sosial dan ekonomi yang berbeda-beda.

Fungsi pemimpin dalam mengambil keputusan atau kebijakan yang berkaitan dengan upaya-upaya pencapaian tujuan perusahaan adalah sangat rumit. Hal ini menurut Siagian dan Manila (1996:2) disebabkan oleh semakin banyaknya orang-orang yang terlibat dalam pelaksanaan tugas-tugas perusahaan (organisasi) pemimpin juga diharapkan harus mampu mempengaruhi (motivasi) atas kompetensi-kompetensi individu-individu dalam kelompok (Gibson et, al., 1991 : 364).

Upaya-upaya yang mengarah pada peningkatan motivasi dan kedisiplinan telah banyak dilakukan, namun demikian motivasi dari pegawai yang dimaksud masih belum bisa diketahui perubahan peningkatannya. Demikian juga yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pulosari Ngunut Tulungagung.

Sebagai obyek penelitian penulis memilih Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Pulosari, Ngunut, Tulungagung. Sedangkan judul penelitiannya adalah : HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PULOSARI, NGUNUT, TULUNGAGUNG. Pemilihan penelitian ini berdasarkan pada : a) Jumlah SDM yang ada sebanyak 45 orang, menurut penulis jumlah SDM yang ada ini cukup memadai untuk keperluan penelitian ini. b) Penulis merupakan salah satu SDM dari sekolah tersebut, ini akan memudahkan penulis untuk mendapatkan data-data yang diperlukan secara cepat dan akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Seo Blogger

Kumpulan Tesis dan Skripsi Pendidikan Headline Animator

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download

Like Ya

×