Problematika Penerapan Kurikulum Muatan Lokal Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Sasak (Studi Kasus Di Sdn 1 Kediri Lombok Barat (P-124)

Kata Kunci             Problematika Penerapan Kurikulum Muatan Lokal

Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwasanya SDN 1 Kediri Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat menerapkan kurikulum muatan lokal dalam upaya meningkatkan keterampilan berbahasa Sasak. Hal ini dinilai berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam berbahasa Sasak, terutama dalam bertutur kata yang sopan sesuai dengan tata krama berbahasa Sasak. Namun, dalam perjalanan sebuah usaha tentunya tidak terlepas dari kendala-kendala. Begitu juga dalam penerapa kurikulum muatan lokal di SDN 1 Kediri Lombok Barat.

Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1). Penerapan kurikulum muatan lokal di SDN 1 Kediri Lombok Barat, 2). Problematika penerapan kurikulum muatan lokal dalam meningkatkan keterampilan berbahasa sasak di SDN 1 Kediri Lombok Barat, 3). Jalan keluar yang dilakukan dalam menanggulangi problematika penerapan kurikulum muatan lokal dalam meningkatkan keterampilan berbahasa sasak di SDN 1 Kediri Lombok Barat.

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Kediri Lombok Barat, dan yang menjadi subyek penelitian adalah guru bidang studi muatan lokal di SDN 1 Kediri Lombok Barat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga menghasilkan diskripsi tentang problematika penerapan kurikulum muatan lokal dalam meningkatkan keterampilan berbahasa sasak di SDN 1 Kediri Lombok Barat.

Dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa:  1).Penerapan kurikulum muatan lokal dalam meningkatkan keterampilan berbahasa sasak di SDN 1 Kediri Lombok Barat disesuaikan dengan kondisi sekolah. Sedangkan kurikulum yang dipakai dalam pembelajaran bidang studi muatan lokal adalah kurikulum 2004, 2). Problematika penerapan kurikulum muatan lokal di SDN 1 Kediri Lombok Barat adalah kurangnya penguasaan guru terhadap materi muatan lokal, kurangnya sarana dan prasarana pendukung, serta kurangnya alokasi waktu pada bidang studi muatan lokal, 3). Jalan keluar yang dilakukan dalam menanggulangi problematika tersebut adalah mengupayakan pendalaman matari melalui pelatihan, mengupayakan keelengkapan sarana dan prasarana pendukung proses belajar mengajar, serta menambah alokasi waktu pembelajaran.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Seo Blogger

Kumpulan Tesis dan Skripsi Pendidikan Headline Animator

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download

Like Ya

×