Hubungan Antara Stres Kerja Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Smk Negeri Di Kota Samarinda (PEND-116)

BAB I PENDAHULUAN 

Pendidikan dalam arti luas mencakup seluruh proses hidup dan segenap bentuk interaksi individu dengan lingkungannya, baik secara formal, non formal maupun informal,  sampai dengan suatu taraf kedewasaan tertentu. Sedangkan secara terbatas, pendidikan diartikan sebagai proses interaksi belajar mengajar dalam bentuk formal yang dikenal sebagai pengajaran.

Bersamaan  dengan  lajunya  arus  reformasi  dalam  dunia  pendidikan berbagai  upaya pembenahan sistem pendidikan dan perangkatnya di Indonesia terus dilakukan,  akibatnya muncul beberapa peraturan pendidikan untuk saling melengkapi dan penyempurnaan peraturan-peraturan yang sudah tidak relevan lagi dengan kebutuhan saat ini. Hal ini dapat dilihat dengan berlakunya Undang- Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Upaya meningkatkan kualitas pendidikan terus menerus dilakukan tetapi berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukan peningkatan yang berarti. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan itu sebenarnya dapat dilakukan salah satunya melalui peningkatan produktivitas kerja guru dalam menyongsong era tinggal  landas.  Untuk  itu,  guru diharapkan  dapat  meningkatkan  kemampuan profesionalnya  baik  secara  perseorangan melalui   pendidikan   dan  pelatihan, maupun secara bersama-sama melalui kegiatan penataran.

STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SMP NEGERI I WATES KEBUPATEN KEDIRI (PEND-2)

Dalam kehidupan suatu negara pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Masyarakat Indonesia dengan laju pembangunannya masih menghadapi masalah pendidikan yang berat terutama berkaitan dengan kualitas, relevansi dan efisiensi pendidikan.

Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Sebenarnya berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan, antara lain melalui berbagai latihan dan peningkatan kompetensi guru, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan dan peningkatan mutu manajemen sekolah. Namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan seperti kualitas outputnya belum menunjukkan peningkatan yang berarti.

Dari berbagai pengamatan dan analisis, sedikitnya ada tiga faktor yang menyebabkan mutu pendidikan tidak mengalami peningkatan secara merata.

Faktor pertama, kebijakan dan penyelenggaraan pendidikan nasional menggunakan pendekatan education production function atau input output analisis yang tidak dilaksanakan secara konsekuen. Pendekatan ini melihat bahwa lembaga pendidikan berfungsi sebagai pusat produksi yang apabila dipenuhi semua input (masukan) yang diperlukan dalam kegiatan produksi tersebut, maka lembaga ini akan menghasilkan output yang dikehendaki. Pendekatan ini menganggap bahwa apabila input pendidikan seperti pelatihan guru, pengadaan buku dan alat pelajaran, dan perbaikan sarana serta prasarana pendidikan lainnya dipenuhi, maka mutu pendidikan (output) secara otomatis akan terjadi. Dalam kenyataannya, mutu pendidikan yang diharapkan tidak terjadi, Mengapa? Karena selama ini dalam menerapkan pendekatan education production function terlalu memusatkan pada input pendidikan dan kurang memperhatikan pada proses pendidikan. Padahal proses pendidikan sangat menentukan output pendidikan.

PENGARUH KINERJA KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN PADA SMK SEKABUPATEN PURWAKARTA (PEND-74)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Penelitian
Pembangunan nasional di bidang pendidikan merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur. Hal ini sejalan dengan rumusan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam UU No. 20 tahun 2003 (Sisdiknas, Pasal 3) berikut ini: Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Judul Tesis Pendidikan Bimbingan Konseling

Judul Tesis Pendidikan Bimbingan Konseling



Buat teman mahasiswa yang kebetulan lagi sibuk mikirin tentang pembuatan Judul Tesis Pendidikan Bimbingan Konseling, dan lagi mencari contoh gratis. Mudah-mudahan contoh Judul Tesis Pendidikan Bimbingan Konseling ini bisa membantu anda dalam membuat tesis pendidikan yang anda jalani.

Tesis Pendidikan Biologi

Tesis Pendidikan Biologi



Buat teman mahasiswa yang kebetulan lagi sibuk mikirin tentang pembuatan judul Tesis Pendidikan Biologi, dan lagi mencari contoh gratis. Mudah-mudahan contoh Tesis Pendidikan Biologi ini bisa membantu anda dalam membuat tesis pendidikan yang anda jalani.

Contoh Tesis Manajemen Pendidikan Gratis

Contoh Tesis Manajemen Pendidikan Gratis


Tesis Manajemen Pendidikan adalah penelitian/ tugas akhir yang dilakukan oleh mahasiswa S2 yang membahas tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi berbagai strategi yang dilakukan pihak sekolah untuk mencapai segala tujuan dan sasaran pendidikan. 

Manajemen pendidikan dalam suatu sekolah sangat berguna. Karena manajemen pendidikan dapat berfungsi sebagai perencana baik itu rencana jangka pendek atau jangka panjang, dapat berfungsi sebagai pengarah dan sebagai pengawas dari rencana-rencana dan kegiatan yang dilaksanakan. 

Contoh tesis manajemen pendidikan

Contoh tesis manajemen pendidikan


Tesis Manajemen Pendidikan adalah penelitian/ tugas akhir yang dilakukan oleh mahasiswa S2 yang membahas tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi berbagai strategi yang dilakukan pihak sekolah untuk mencapai segala tujuan dan sasaran pendidikan. Manajemen pendidikan dalam suatu sekolah sangat berguna. Karena manajemen pendidikan dapat berfungsi sebagai perencana baik itu rencana jangka pendek atau jangka panjang, dapat berfungsi sebagai pengarah dan sebagai pengawas dari rencana-rencana dan kegiatan yang dilaksanakan. Ilmu Manajemen Pendidikan merupakan salah satu cabang dari disiplin Ilmu Pendidikan. Selain cabang Ilmu Manajemen Pendidikan masih terdapat beberapa cabang ilmu lainnya, seperti Psikologi Pendidikan, Bimbingan Konseling, MIPA, IPS, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Pendidikan Agama, dan masih banyak lagi.



Contoh tesis manajemen pendidikan

KLIK JUDUL UNTUK MELIHAT ISI LENGKAP

Contoh tesis manajemen pendidikan


Klik Download Untuk mendapatkan File Lengkap

Cara Seo Blogger

Kumpulan Tesis dan Skripsi Pendidikan Headline Animator

Anda ingin download daftar judul tesis dan skripsi terbaru dan lengkap silahkan klik download

Like Ya

×