Download Contoh Tesis Pendidikan, Tesis Manajemen Pendidikan dan Contoh Skripsi Pendidikan, menyediakan contoh judul tesis manajemen pendidikan dan skripsi manajemen pendidikan dalam bentuk MS-WORD.
Studi Tentang Minat Siswa Terhadap Mata Pelajaran Biologi Pada SLTP Negeri 2 Pangkajene Kabupaten Pangkep (PEND-117)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kualitas dan kuantitas pendidikan sampai saat ini masih
merupakan suatu masalah yang paling menonjol dalam setiap usaha pembaharuan
sistem pendidikan nasional. Kedua masalah tersebut sulit ditangani secara
simultan sebab dalam upaya meningkatkan kualitas, masalah kuantitas terabaikan
demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu tidak mengherankan bila masalah
pendidikan tidak pernah tuntas dimanapun, termasuk di negara yang maju
sekalipun.
Sungguhpun
demikian pemerintah, dalam hal ini Depdiknas telah melakukan berbagai upaya
dalam mengatasi segala masalah pendidikan. Upaya tersebut hampir mencakup semua
komponen pendidikan. Misalnya pembaharuan kurikulum, pembaharuan proses belajar
mengajar, peningkatan kualitas guru, pengadaan buku pelajaran, pengadaan dan
penyempurnaan sarana dan prasarana belajar, penyempurnaan sistem penilaian,
penataan organisasi dan manajemen pendidikan, dan berbagai usaha yang mengarah
pada pencapaian hasil pengajaran/pendidikan secara maksimal.
Mengingat
pendidikan selalu berkenan dengan upaya pembinaan manusia, maka keberhasilan
pendidikan sangat bergantung pada manusianya (Nana Sudjana, 1989). Unsur
manusia yang paling menentukan keberhasilan pendidikan adalah guru dan pesrta
didik. Dalam hal ini guru dituntut bagaimana ia menjadi tenaga pengajar dan
pendidik yang profesional. Di lain pihak peserta didik harus sadar bahwa
pendidikan sangat menentukan kemajuan peradaban manusia.
Dalam
kegiatan pengajaran, unsur yang penting adalah bagaimana guru dapat merangsang
dan mengarahkan siswa dalam belajar, yang pada gilirannya dapat mendorong siswa
dalam pencapaian hasil belajar secara optimal. Mengajar dapat merangsang dan
membimbing dengan berbagai pendekatan, dimana setiap pendekatan dapat mengarah
pada pencapai tuain belajar yang berbeda. Tetapi apapun subyeknya mengajar pada
hakekatnya adalah menolong siswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan
sikap serta ide dan apresiasi yang mengarah pada perubahan tingkah laku dan
pertumbuhan siswa.
Berdasar
dari uraian di atas tampaknya, masalah pendidikan yang banyak diragukan orang
bisa diselesaikan dengan baik. Hal mana semua unsur yang berpengaruh terhadap
pencapaian hasil belajar yang maksimal diperhatikan. Hanya saja kenyataan
menunjukan, bahwa setiap kali evaluasi pengajaran dilakukan seringkali hasilnya
tidak memuaskan, termasuk dalam pengajaran IPA-Biologi umumnya. Tentu saja
banyak faktor yang berpengaruh, di antaranya adalah minat belajar siswa
terhadap pelajaran yang dimaksud, pantas untuk dipertanyakan. Hal tersebut
sesuai dengan pendapat Abu Ahmadi dkk, (1998) bahwa bilamana tidak ada
minat seseorang terhadap suatu pelajaran, akan timbul kesulitan dalam
belajarnya.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
A very good post indeed. It's a shame about some of the responses. A very good post and an excellent blog. I am now a follower. Thanks, Steve
BalasHapusUniversity Dissertations | Free Essays