ABSTRAK
Pembelajaran Biologi
masih dipahami
secara
tekstual, siswa kurang
memahami
gejala dan
realita
serta
makna dari gejala alam, siswa
cepat
lupa
terhadap materi yang diajarkan, sehingga
menyebabkan hasil
belajar siswa tidak memuaskan. Selain itu mata pelajaran Biologi harus mengembangkan
keterampilan proses ilmiah yang berupa
kecakapan hidup (life skill) misalnya kecakapan observasi,
kecakapan memecahkan
masalah
secara logis, dengan kecakapan tersebut siswa akan terbiasa
untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari secara runtut. Oleh karena
itu penelitian ini menerapkan pembelajaran melalui
Jelajah
Alam
Sekitar
(JAS)
dengan
model Iqro untuk meningkatkan hasil belajar dan kecakapan hidup siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan
hasil belajar dan kecakapan hidup siswa pada materi prinsip-prinsip klasifikasi, virus, dan monera di MAN 2 Semarang melalui pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan model Iqro.
Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas X-B semester 1 MAN 2 Semarang tahun ajaran 2005/
2006 pada materi
prinsip-prinsip klasifikasi, virus dan monera. Kelas X-B mempunyai jumlah siswa 44 anak yang terdiri atas 19 siswa putra dan 25 siswa putri. Penelitian ini terbagi
dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Pengambilan data dalam
penelitian ini dilaksanakan dengan cara
observasi, wawancara, angket dan tes tertulis.