BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Pembelajaran seni budaya mengembangkan 
semua bentuk aktifitas cita  rasa  keindahan  yang  meliputi kegiatan  
berekspresi,  bereksplorasi, berkreasi  dan apresiasi dalam bahasa, 
rupa, bunyi, gerak, tutur dan peran. Sedangkan tujuan pendidikan  seni 
untuk mengembangkan sikap toleransi, demokratis, beradab, dan hidup 
rukun  dalam  masyarakat yang majemuk, mengembangkan ketrampilan dan 
menerapkan  teknologi dalam berkarya dan  menampilkan  karya  seni  
rupa,  seni  musik,  tari  dan   peran,  dan menanamkan pemahaman 
tentang  dasar-dasar dalam berkesenian (Sujadmiko,2004:26 )
Seiring  dengan   program   KTSP   (   
Kurikulum   Tingkat   Satuan Pendidikan  )  yang memberikan otonomi 
lebih besar kepada sekolah dan mendorong   sekolah   untuk   melakukan  
 pengambilan   keputusan   secara bersama untuk memenuhi kebutuhan  
sekolah dalam rangka meningkatkan mutu  pendidikan  berdasarkan  
kebijakan   pendidikan   nasional  (Raharjo,
2003:5).  Berkaitan dengan KTSP tersebut
 sekolah perlu mencari program- program yang sesuai di lembaganya, dan 
guru punya wewenang yang penuh untuk pengembangan dirinya termasuk 
SDMnya.
