BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Pendidikan merupakan usaha sadar untuk
menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan
atau latihan bagi peranannya di masa akan datang. Pendidikan dapat
dipahami sebagai suatu proses pertumbuhan yang menyesuaikan dengan
lingkungan dan suatu pembentukan kepribadian dan kemampuan anak dalam
menuju ke arah kedewasaan. Proses pembelajaran di lingkungan sekolah
(pendidikan formal) melibatkan berbagai komponen. Jika salah satu
komponen tidak terpenuhi maka proses pembelajaran kurang berhasil.
Dalam proses
pembelajaran biologi melibatkan banyak unsur yang saling berikatan dan
menentukan keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Unsur-unsur
tersebut adalah pendidik (guru), peserta didik (siswa), kurikulum,
pengajaran, tes dan lingkungan. Guru dan siswa merupakan subjek
pendidikan yang sangat menentukan dalam konteks pengembangan di sekolah.
Sebaik apapun kurikulum, jika motivasi guru dan siswa kurang
memadai maka proses pembelajaran seperti yang diharapkan tidak akan
terjadi.